Selasa, 07 April 2015

DIMENSI WARNA HUE (REALITAS/RONA/CORAK WARNA)

Dimensi-dimensi warna atas dasar warna pokok bahan tinta cetak terdiri dari tiga warna: cyam, magenta, yellow.  Terdapat tiga dimensi warna yang sangat besar pengaruhnya terhadap tata rupa , yaitu hue, value, dan chroma. Hue adalah realitas/rona/corak warna. yaitu dimensi mengenai klasifikasi warna, nama warna dan jenis warna . Value adalah tonalitas warna, yaitu dimensi tentang terang -gelap warna atau tua-muda warna, disebut pula "ke-terang-an" warna (lightness). Chorma adalah  intensitas warna, yaitu dimensi tentang cerah-redup warna , cemerlang-suram warna, murni-kotor warna, disebut pula "kecerahan" warna (brightness). Intensistas warna inib disebasbkan oleh adanya penyerapan atau peredaman warna (saturation)
Hue adalah realitas, rona atau corak warna. Hue merupakan karakeristik, ciri khas ,atau identitas yang digunakan untuk membedakan sebuah warna dari warna lainnya. Misalnya adalah hue merah berbeda dari hue kuning, hue hijau, dan lain lain, sehingga hue menjadikan sebuah warna sebagai dirinya. Hue adalah warna . Hue berkaitan dengan klasifikasi, nama, dan jenis warna
Klasifikasi dan nama-nama warna 
Terhadap lima klasifikasi warna, yaitu warna primer, sekunder, intermediate, tersier, dan kuarter.
Masing-kmasing memiliki kelompok nama-nama warna

 
.a
                         SKEMA KLASIFIKASI WARNA
                                                       berdasarkan warna bahan tinta cetak 
Warna primer
Warna primer, atau disebut warna pertama, atau warna pokok. Disebut warna primer karena warna tersebut tidak dapat dibentuk dari warna lain. Disebut warna pokok karena warna tersebut dapat digunakan sebagai bahan pokok  percampuran  untuk memperoleh warna-warna lain. Nama-nama warna primer tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Biru, nama warna sebenarnya adalah sian, yaitu biru semu hijau. Pada tube cat sering tidak ada warna sian , maka dapat digunakan cerulean blue atau bias dengan cobalt blue. Warna sian yang sebenarnya terdapat  pada warna bahan tinta cetak dan primer computer. Pada tubecat minyak lukis merek bagus swring ada juga sian.
  2. Merah, nama sebenarnya magetan, yaitu merah semu ungu. Pada tube cat sering tidak ada warna magetan. Yang dekat dengan mageta adalah carmine. Sedangkan warna magetan yang sebenarnya  terdapat pada warna bahan tinta cetak offset dan printer komputer. Pada tube cat minyak lukis merek bagus sering ada juga magetan.
     3.Kuning, dalam tube cat disebut  yellow, dalam tinta cetak disebut  yellow.
Dalam dunia percetakan, warna pokok bahan adala sian (cyan), mageta (mageta), kuning (yellow), atau sering disingkat CMY. Jika kita melihat hasil  cetak foto wajah/manisia atau foto/gambar pemandangan, sesungguhnya tinta yang digunakan hanya sian, magenta, dan kuning dan dikuatkan dengan hitam/genap, sehingga selalu disebut CMYK. K adalah prosentase black/hitam/genap.
Dalam komputer, juga terdapat model warna CMYK , sehingga jika kita mendesain sesuatu yang akan dicetak agar nantinya hasilnya sama, sebaiknya menggunakan warna model CMYK.
Warna Sekunder
Warna sekunder atau warna kedua adalah warna jadian dari percampuran dua warna primer. Nama-nama warna sekunder adalah sebagai berikut
  1. Jingga/oranye, yakni warna hasil percampuran antara warna merah dan kuning ;
  2. Ungu/violet, yakni hsasil percampuran warna merah dan biru ;
  3. Hijau, yakni hasil percampuaran warna kuning dan biru.
    Tiga warna primer dan tiga warna sekunder tersebut sering disebut enam warna standar.
    Warna Intermedia 
    Warna intermedia adalah warna perantara , yaitu warna yang ada di antara warna rpimer dan sekunder pada lingkaran warna. Nama-nama warna intermediate adalah sebagai berikut.
    1. kuning hijau (sejenis moun green), yaitu

1 komentar:

  1. 1) Masih kurang teliti dalam mengetik Banyak yang kurang dalam penulisan tanda baca KOMA, SPASI, TANDA KURUNG, TITIK.

    2) Paragraf pertama, tidak perlu menggunakan “QUOTE”. Hanya paragraf biasa saja.

    3) Gambar terlalu besar, sehingga melebihi batas tampilan Pos.

    4) Keterangan gambar tidak dimasukkan ke dalam “Add Caption”. Pengaturan gaya penulisan untuk keterangan gambar juga tidak sesuai dengan di lembar soal.

    5) Masih kurang telili dalam melakukan Pengaturan gaya penulisan. Kata yang seharusnya cetak tebal tapi tidak cetak tebal dan sebaliknya. Kata yang harusnya cetak miring tidak cetak miring begitu pula sebaliknya.

    6) Jarak antara subjudul warna tidak sama dengen yang lain dalam satu halaman.

    BalasHapus